Ratusan Sentono dan Abdi Dalem Ikuti Wilujengan Adeging Nagari Karaton Mataram Surakarta

Suasana di Sasana Hansrawina. (Foto: Ariyo)

|Uploader: R.001|


Mertibudaya, Surakarta - Bertempat di Sasana Handrawina, Karaton Surakarta, ratusan Abdi Dalem, Juru Suranata, Konco Kaji, Warga Pakasa & Anggota Paguyuban Abdi Dalem Karaton Surakarta khidmad mengikuti "Wilujengan Hamengeti Hadeging Nagari Karaton Mataram Surakarta Hadiningrat, Selasa (23 Juli 2024).

Dalam kegiatan tersebut Dra.GKR.Koes Moertiyay Wandansari, M.Pd selaku Pengageng Sasana Wilapa yang juga Ketua Lembaga Dewan Adat Karaton Surakarta menguraikan sejarah berdirinya Karaton Surakarta dan sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Foto: Ariyo

Peringatan Adeging Negari Surakarta Hadiningrat yang ke 288 ditandai dengan dua kegiatan. Yang pertama  doa bersama yang diikuti oleh Sentana dalem , Abdi Dalem dan Pakasa dari berbagai daerah di Indonesia.


Kegiatan  dimulai pukul 19.30  diawali dengan doa oleh ulama kraton, dilanjutkan dengan acara wisuda kekancingan gelar kehormatan bagi penerima yang terdiri 2 bagian.


Wisuda Sentana dilakukan  di Kantor Kasentanan yang diikuti oleh  20 orang. Sedangkan  wisuda Abdi Dalem dari pangkat Mas Lurah sampai Bupati Anon anon  diselenggarakan di Bangsal Smarakata  diikuti sekitar 50 orang Abdi Dalem.


BRM.Nugroho Iman Santoso (Cucu PB.XI) Bersama Pemimpin Redaksi BMM Network Media  R.Budi Ariyanto Surantono (Foto: Ist)

Beberapa tokoh nampak hadir mengikuti wisuda tersebut, diantaranya beberap Guru Besar (Profesor) dari Universitas Negeri Surakarta (UNS) dan juga turut di wisuda Saddam dari Dpp Perindo Pusat yang  menerima gelar kehormatan KRT (Kanjeng Raden Tumenggung) / Bupati Anon-anon.


"Terimakasih atas amanah untuk turut serta sebagai penjaga budaya dan juga ikut melestarikan kebudayaan yg bersumber pada  kraton Kasunanan  Surakarta", ungkap Saddam didampingi  Drs BRM. Nugroho Iman Santoso (Cucu PB XI ) yang kebetulan juga menjadi  ketua DPD Perindo Sukoharjo. (*)

Lebih baru Lebih lama